Beranda Blogging Cara Cek Broken Link dan Mencegah Error 404 Pada Blog

Cara Cek Broken Link dan Mencegah Error 404 Pada Blog

0
cara cek broken link

Cara Cek Broken Link pada Blog Mudah dan Cepat – Supaya blog kita mampu bersaing di search engine, situs blog harus bersih dari yang namanya broken link.

…Oleh karena itu, setiap pemilik blog harus rajin mengecek adakah link yang mati di blog kita. Broken link merupakan link mati yang ada di dalam blog kita, URL seperti ini kalau di akses akan mengakibatkan error 404.

Sehingga hal tersebut bisa mempenggaruhi dalam indexs google. Kerena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa mesin pencari merayapi situs berdasar link-link di dalam sebuah blog. Ini artinya backlink dari situs yang mempunyai ranking tinggi juga sangat penting.

Biasanya broken link terjadi karena kita menautkan URL yang tadinya bisa di akses, dan sekarang tidak bisa. Entah sumber link tersebut di hapus oleh pemiliknya, atau mungkin di hapus langsung oleh google karena menyalahi TOS.

Mengecek broken link pada blog bisa di lakukan dengan cara manual, yaitu mencoba test semua link yang ada satu per satu. Namun hal tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga kita bisa memakai bantuan sebuah tools gratis.

Langkah pertama silahkan kunjungi situs broken link cheker : www.brokenlinkcheck.com/

broken link cheker

Kemudian ketik alamat website / blog anda di tempat yang sudah di tentukan, lalu klik Find broken links. Setelah itu akan muncul halaman seperti pada gambar di bawah ini.

cara cepat menemukan link mati

Keterangan :

  • Ketik URL blog anda
  • Masukan security code
  • Klik Find broken links now !

Setelah itu tunggu beberapa saat, tools tersebut akan memprosesnya. Waktu yang di butuhkan untuk scan tergantung seberapa banyak link yang ada pada blog tersebut. Silahkan bersabar menunggu sambil minum kopi juga boleh.

Apabila sudah selesai, maka tools broken links cheker akan menunjukan completed, dan akan menampilkan tabel broken link beserta letak dimana link tersebut anda taruh.

…Dengan kita melakukan cara cek broken links di atas, maka kita akan dengan mudah menemukan letak dimana link tersebut berada guna untuk kita alihkan atau hapus.

Setelah anda berhasil selesai menghapus link mati tersebut, rajin-rajinlah mengecek di google webmaster supaya kesalahan perayapan tidak terjadi. dan jika ternyata banyak kesalahan perayapan, silahkan hapus kesalahan tersebut dari hasil penelusuran melalui webmaster tools.

Berikut ini beberapa saran untuk mencegah terjadinya broken links di blog.

1. Aktifkan moderasi komentar

Moderasi setiap komentar dari pengunjung, karena bisa saja link di tautkan oleh pengunjung tersebut di form komentar adalah link yang rusak.

2. Test link yang ingin kita tautkan terlebih dahulu

Testlah setiap kita ingin menautkan link di dalam postingan, pastikan link tersebut aktif dan bisa di akses, sehingga tidak akan menyebabkan broken links.

3. Lebih rajin untuk mengecek

Jangan malas-malas untuk cek broken links, supaya blog kita tidak mengalami banyak error 404. dan salah satunya yaitu dengan mengeceknya di broken links cheker di atas.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan soal cara cek broken link pada blog, dan allhamdulillah sampai saat ini blog ini bebas dari yang namanya link mati / rusak.

Baca juga panduan optimasi blog yang lain :

BERBAGI
Sesorang yang ingin berbagi semua hal di internet melalui blog ini. Semoga apa yang saya tulis disini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here