Beranda Blogging Tips: Cara Mengatasi Duplicate Content di Webmaster Paling Jitu

Tips: Cara Mengatasi Duplicate Content di Webmaster Paling Jitu

mengatasi duplicate content

Duplicat content menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sebagian blogger. Sehingga bolak-balik searching di google mencari cara mengatasi duplicate content di webmaster tersebut.

Kalau di lihat dari masalahnya, banyak penyebab yang mengakibatkan sebuah blog mengalami duplicat konten. Walaupun nyatanya kita tidak pernah membuat 2 konten yang sama.

…Yang paling sering mengalami duplicate yaitu pada elemen meta description dan title tag. Hal itu terjadi karena google mengindex halaman arsip, label search, all post dan / atau di dalam template tersebut terdapat dua element description dan title.

Itu sebabnya, googlebot menganggap itu sebuah duplicate content. Jadi, untuk mengatasi atau mencegah hal-hal tersebut terjadi pada blog kita, harus betul-betul kita telusuri dari mana duplicate content itu terjadi.

Dan berikut langkah-langkah yang bisa kita coba untuk memperbaiki masalah tersebut. Yang perlu saya garis bawahi adalah, kita harus tahu betul penyebabnya dari mana terlebih dulu sehingga dari beberapa cara berikut ini bisa anda coba. Anda sesuaikan saja penyebab terjadi duplicate content pada blog anda.

1. Mengatasi duplicat content yang di sebabkan karena pemasangan meta description secara manual.

Buka blog anda, terus buka source kode blog tersebut. Untuk pengguna browser mozilla silahkan tekan tombol CTR+U, dan untuk pengguna Google Crome silahkan klik kanan, kemudian klik Lihat Sumber Laman maka akan keluar source kode dari blog anda.

Silahkan anda cari kode berikut ini :

<b:if cond=’data:blog.metaDescription’>
<meta expr:content=’data:blog.metaDescription’ property=’og:description’/>
</b:if>

Jika kode tersebut terdapat ada 2 jumlahnya, maka hapus kode tersebut dari template anda. Caranya masuk di halaman edit HTML blog anda, kemudian hapus kode tadi. Karena sekarang blogger sudah menyediakan otomatis untuk pemasangan meta description.

Untuk mengaktifkan silahkan masuk halaman admin blog anda, kemudian pilih setelan, kemudian preferensi penelusuran, lalu aktifkan bagian Tag meta diskripsi.

…Dengan begitu maka jika kita ingin mengoptimasi diskripsi artikel kita, akan keluar settingan tersebut di sidebar sebelah kanan saat kita membuat postingan.

mengaktifkan meta diskripsi di blogspot

Saran
Biasanya hal tersebut terjadi karena kita memilih template yang masih menggunakan metode pemasangan meta diskripsi secara manual. Oleh sebab itu pintar-pintarlah dalam memilih template.

2. Cara memperbaiki duplicate content karena halaman arsip dan search.

Masih tetap dalam halaman dasbor blog, sekarang buka menu setelan, lalu pilih preferensi penelusuran, setting di bagian Tag tajuk robot khusus seperti gambar berikut.

setting robot txt khusus di blogspot

Setelah itu, setting juga bagian robot.txt khusus dan samakan dengan settingan berikut ini.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: http://www.domain.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Keterangan :
Pengaturan di atas di maksudnya, agar robot google tidak mengindex halaman arsip dan search namun tetap masih di rayapi atau di follow. Sehingga URL halaman arsip tidak akan masuk dalam index google di hasil penelusuran.

3. Cara mengatasi duplicat content karena halaman label

Jika halaman label juga di index oleh googlebot, maka ini juga bisa mengakibatkan duplicat content. Sehingga untuk mencegan hal itu terjadi, silahkan masukan kode berikut di edit HTML template blog anda tepat di bawah kode <head>.
  <b:if cond=’data:blog.searchLabel’>
<meta content=’noindex,nofollow’ name=’robots’/>
</b:if>

Keterangan :
Kode di atas di maksudkan supaya googlebot tidak mengindex halaman per label pada blog kita, sehingga halaman label tidak akan masuk di halaman hasil penelusuran.

Selain tiga di atas, ada lagi yang biasa menyebabkan duplicate content pada blog, yaitu URL untuk mobile dan destop. Kita tahu bila kita membuka blog memakai desktop dan mobil akan mendapatkan dua URL yang berbeda, padahal masih dalam 1 halaman yang sama. Contohnya seperti ini.

URL di desktop
http://www.domain-anda.com/

URL di mobile
http://www.domain-anda.com/?m=1
http://www.domain-anda.com/?m=0
http://www.domain-anda.com/*?m=1
http://www.domain-anda.com/*?m=0

Kita bisa saja mengaturnya agar googlebot tidak mengindex URL yang untuk mobile, namun hal tersebut tidak di sarankan. Karena saat ini sudah zamannya mobile friendly, dan untuk yang satu ini untuk sekarang jarang pernah terjadi.

Setelah anda menerapkan beberapa cara di atas, jangan lupa untuk menghapus satu per satu URL duplicat content tersebut dari hasil penelusuran. Caranya silahkan masuk di webmaster tools, lalu pilih Google Indeks, kemudian Hapus URL. Jika belum terdaftar, silahkan baca cara daftar dan verifikasi blog di webmaster tools.

Sejauh ini saya makai cara tersebut dan terbukti berhasil, dalam beberapa hari kedepan sudah tidak ada duplicat content di blog saya. Namun jika anda tidak berhasil, silahkan cari google lagi barang kali teman-teman blogger yang lain punya cara yang lebih ampuh.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi duplicat content di webmaster tools dari saya, mudah-mudahan bisa membantu teman-teman sekalian.

BERBAGI
Sesorang yang ingin berbagi semua hal di internet melalui blog ini. Semoga apa yang saya tulis disini bermanfaat.

25 KOMENTAR

  1. blog saya banyak sekali duplicate meta description sama title tag duplicate nya ampe 300 lebih
    lalu yang dihapus link yang mana gan kan ada 2 yang satu versi dekstop satunya lagi versi mobile

  2. Hallo mas..
    Mungkin itu dari dulu tidak di perbaiki ya mas, karena sekarang untuk url mobile sangat jarang terjadi. Jika memang begitu. jika sudah menerapkan cara di atas, maka yang di hapus url yang mobile saja mas. Terima kasih, semoga bisa membantu

  3. Di webmaster tools gan, tepatnya di bagian Tampilan Penelusuan -> Penyempurna HTML.

  4. Om rudi.. kalo kita pakai meta tag deskipsi manual.. namun deskripsi yang diblogger dinonaktifkan.. kira" bagus ga?

  5. Lebih bagus kalau di aktifin gan. jadi setiap kita bikin postingan, kita bisa mengatur meta description sesuai yang kita mau dan tentu yang relevan dengan apa yang kita tulis di postingan tersebut.

  6. Pemberitahuan di mana nya ya mas ? Kalau punya saya nggak ada masalah tuh. Atau mungkin ada masalah lain selain duplicate content mas, sebaiknya di cek terlebih dahulu.

  7. Apakah duplikat konten itu bahaya ya mas buat blog kita kedepannya? Soalnya saya tidak pernah cek hal tersebut mulai awal ngeblog.

  8. Tentunya juga bisa mempengaruhi pekembangan blog di SERP mas kalau dibiarkan. Coba di cek aja di Webmaster, tepatnya di bagian "Penyempurna HTML" mas Firman.

  9. Oh, ternyata solusi untuk pengguna Blogger, TDK berlaku umum. Bagus juga tapi ada banyak blog atau website jg dibangun menggunakan Joomla, WordPress, Drupal, Magento, Moodle, dsb.

  10. Iya kalau yang dibahas di atas panduan untuk Blogger mas, untuk wordpress kurang lebih sama. Intinya di tambahkan halaman yang terjadi duplicate content pada file robot,txt di cpanel, agar halaman tersebut tidak di rayapi / index robot.

    saya juga berhasil dengan cara tersebut untuk blog wordpress self hosting saya mas.

  11. punya ane bejibun gan 1231 link yang kena duplicate title tag,,dan 100 duplicate meta,,puyeng juga,,jadi trafic terjun bebas,,,dari 7000 per hari,,sekarang cuma 800 an per hari,,,
    ane pake template yang 2016 sih,,,responsive udah enak,,skor pagespeed 99,,cuma karena ada duplicate gt jadi terjun bebas..mau delete descriptionnya takut salah juga ane,,,

  12. Setelah saya cek fi copyscape, blog saya memiliki 73% duplikat konten. Sementara blig yang lain hanya 5%. Apakah dgn mengganti template dpt mengurangi duplikat konten? Trims.

  13. Kalau patokan saya cek duplikat konten bukan di copyscape ya mas, tapi langsung di webmaster. Soalnya apa, karena kalau kita cek di copyespace pasti ada saja yang terdeteksi duplikat. Situs-situs besar pun kalau di cek disitu pasti juga terdeksi duplikat konten. Jadi tidak begitu saya kwatirkan kalau hanya terdeksi duplikat konten di copyspace, asal di webmaster aman insyaAllah aman kok mas. Semoga bisa membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here