Beranda Peluang Usaha 10 Langkah Untuk Membangun Usaha Baru Hingga Berhasil Sukses

10 Langkah Untuk Membangun Usaha Baru Hingga Berhasil Sukses

membangun usaha baru

Membangun Usaha Baru – Mempunyai usaha yang maju dan berhasil sukses tentu menjadi impian semua orang. Namun keberhasilan tersebut tidak bisa kita dapat hanya dengan bersantai dan berangan-angan saja. Tentunya harus ada tindakan ikhtiar serta semangat pantang menyerah.

Salah satu faktor masalah yang di hadapi seseorang pemula dalam membangun usaha baru adalah ketidak tahuan. Bingung harus mulai dari mana, dan langkah-langkah apa saja yang harus di lakukan.

Sibuk memikirkan usahanya nanti laku atau tidak, sebandingkah laba yang di terima dengan modal yang di keluarkan, dan pikiran negatif lainnya. Sebagai seorang wirausaha harus punya rasa percaya diri dan selalu optimis.

…Dan untuk anda yang punya pikiran-pikiran tersebut, ada beberapa tips yang bisa anda coba dalam memulai atau membangun usaha baru. Tentu tips berikut berdasarkan pengalaman yang sudah terbukti nyata.

Karena apa ? karena tips yang akan saya sampaikan berikut merupakan langkah-langkah yang pernah saya kerjakan dalam mengelola sebuah usaha yang saat ini saya jalani. Langsung saja simak baik-baik tips berikut ini.

Langkah-Langkah Untuk Membangun Usaha Baru Hingga Berhasil Sukses

1. Mencari ide usaha

Anda baru ingin membuka sebuah usaha baru, hal pertama adalah mencari ide usaha yang akan anda jalankan kedepan. Carilah ide usaha yang cocok dengan posision anda. Surve membuktikan pengusaha sukses karena dia menjalankan  usaha yang dia senangi.

Pilih sebuah usaha yang mempunyai peluang besar, namun kecil tingkat persaingan. Sehingga anda akan mudah untuk mendapatkan calon pelanggan.

Jangan meniru usaha milik orang lain yang anda tidak mengerti. Karena pasti anda akan menemukan banyak kesulitan. Kecuali jika anda mempunyai kerabat dan ahli di bidang tersebut yang siap membimbing anda dari nol.

2. Perencanaan visi dan misi

Setelah anda memperoleh ide usaha, persiapkan rencana visi dan misi untuk usaha baru yang anda kelola. Tentunya perencaan tersebut anda siapkan betul-betul dengan matang, dengan begitu anda sudah memiliki PR untuk anda kerjakan nanti.

Apa yang perlu di persiapkan ? Tentunya beberpa hal berikut yang harus anda lakukan.

  • Analisa

Analisa yang harus anda kerjakan adalah analisa dimana anda akan mendirikan usaha, bagaimana tingkat persaingannya, peluangnya seperti apa.

Sebagai saran pilihlah lokasi yang disitu memiliki peluang cukup besar. Dalam hal ini peminatnya banyak, tetapi masih sedikit penjual atau penyedia layanan yang konsumen cari.

…Caranya, bisa anda dengan keluar menuju tempat orang-orang berkumpul atau berkunjung, dan lihat atau tanya langsung kepada setiap orang apa yang ingin hendak dia cari disini.

Kemudian data setiap kebutuhan yang orang cari, nah kira-kira usaha yang ingin anda bangun ada nggak peminatnya disitu. Kalaupun ada, banyak tidak yang sudah mendirikan usaha tersebut lebih dulu di lokasi itu.

Kalau sudah seperti itu, saya yakin anda akan mudah menganalisa lokasi untuk usaha baru anda dengan peluang yang besar namun sedikit persaingan.

  • Modal

Untuk membangun sebuah usaha tentu anda membutuhkan modal, besar kecilnya modal tentu tergantung usaha apa yang ingin anda jalankan. Namun bukankan Tuhan memberikan anda kedua tangan dan kedua kali, di tambah pikiran sudah cukup besar modal anda.

Maka dari itu jangan terlalu dipusingkan dengan besarnya modal. Saya yakin, jika anda bersungguh-sungguh mengelola usaha dengan baik, sebesar pun modal yang anda keluarkan pasti akan kembali.

Tips : Jika tidak mau ambil pusing, pilih usaha yang tidak banyak mengeluarkan modal untuk mengawali usaha baru. Kemudian jika sudah berhasil, baru bisa anda kembangkan dengan modal yang cukup besar.

  • Peralatan

Seorang wirausaha tidak akan bisa bekerja jika tidak mempunyai alat yang di butuhkan. Sehingga ini juga harus anda persiapan. Peralatan apa yang anda butuhkan, tentu ini juga tergantung usaha apa yang ingin anda jalankan.

…Dan kembali lagi dengan modal yang anda punya. Misalnya anda ingin berjualan di sosial media, tentu anda akan butuh alat untuk bisa mengakses sosial media tersebut. Bisa dengan handphone jadul yang penting bisa buat akses internet, dengan paket kuota yang paling murah.

Jangan anda berambisi harus punya laptop dan pasang wifi jika modal anda masih minim. Kecuali jika anda anak orang kaya di negri ini, atau punya saudara yang siap menanggung akan peralatan yang anda butuhkan dalam memulai usaha baru.

3. Action

Setelah anda selesai mengerjakan 2 langkah di atas, kini saatnya anda action di hadapan calon pelanggan anda. Disini bisa anda mulai dengan membuat kerajian jika anda mempunyai keahlian dalam bidang tersebut.

Kemudian mengenalkan hasil kreatifitas anda ke halayak umum. Mungkin bisa di mulai dengan memeperkenalkan ke saudara-saudara anda, kemudian tetangga terdekat anda.

Barang kali mereka minat dengan karya anda, dan jika hasilnya bagus pasti mereka anda merekomendasikan kepada orang-orang di sekitarnya untuk membeli produk atau memakai jasa dari anda.

Tampil lah menjadi seorang wirausaha yang unik yaitu beda dengan yang lain, dan mempunyai keunggulan-keunggulan yang lebih dibanding dengan yang lainnya.

Jujur, tanggung jawab, tepat waktu, dan ramah dalam menyampaikan itulah trik untuk mengikat konsumen baru maupun mempertahankan pelanggan.

4. Pemasaran

Walau pun sudah memiliki pelanggan, jangan malas untuk memasarkan produk atau jasa anda untuk mendapatkan pelanggan baru. Karena dengan begitu bisa membuka peluang yang lebih besar untuk anda.

…Bagaimana caranya ? jika anda menjual suatu produk, anda bisa menggunakan blog gratisan. Jika tidak bisa, anda bisa memanfaatkan akun sosial media anda untuk berjualan.

Selain itu, bisa juga menggunakan online shop yang sudah terkenal dan memiliki banyak member. Seperti Buka Lapak, Toko Pedia, OLX, dan LAZADA.

5. Rendah hati dan selalu berdo’a

Tetaplah rendah hati kepada semua orang jika sudah mencapai apa yang anda cita-citakan. Selalu berdo’a kepada Allah Ta’ala agar selalu di beri kemudahan dalam menjalankan usaha anda.

Jaga perilaku anda, karena bukan tidak mungkin kalau anda sudah sukses, maka akan banyak orang yang iri dengan keberhasilan anda. Oleh sebab itu jangan lupa selalu minta perlindungan dari Tuhan.

6. Selalu menjalin interaksi sama orang yang seprofesi dengan anda

Dengan adanya komunikasi yang baik sesama pemilik usaha yang sama, tentu ini akan terjalin silaturahmi yang baik pula. Selain itu anda bisa bertukar pendapat dan pengalaman sehubung dengan usaha yang di jalaninya.

Tentunya ini akan sangat penting demi pekembangan usaha yang tengah anda jalankan. Bisa menemukan solusi dari permasalahan yang ada, dan saling berbagi ilmu.

7. Konsisten dan tetap fokus

Membangun usaha baru bisa anda lewati, namun yang namanya manusia pasti akan menemukan titik jenuh dari semua yang dia kerjakan.

…Oleh sebab itu anda harus tetap konsisten dan fokus dengan usaha anda. Misalnya dengan menciptakan ide-ide baru, dan trobosan-trobosan yang bisa memikat pelanggan lebih banyak.

Tidak terasa kita sudah sampai di penghujung dari artikel ini. Setelah membaca di atas, apakah anda sudah siap untuk memulai usaha baru anda ?

Semoga langkah-langkah untuk membangun usaha baru hingga berhasil sukses yang sampaikan ini, bisa menjadi refrensi maupun motivasi anda. Yang tentunya anda akan memantapkan tekat untuk terjun menjadi seorang wirausaha. Salam sukses

Artikel yang mungkin menarik untuk anda baca juga :

BERBAGI
Sesorang yang ingin berbagi semua hal di internet melalui blog ini. Semoga apa yang saya tulis disini bermanfaat.

16 KOMENTAR

  1. betul sekali gan..
    Konsisten dan mengatur management yang baik, insy'allah akan terus berkembang gan 🙂

  2. Nice info bang rudhi , semoga artikel disini terus bermanfaat salam dari androngame.blogspot.com

  3. Bener banget gan..
    Usaha tanpa action hanya akan menjadi angan-angan dan mimpi belaka. Thanks udah mampir ke blog ini gan.

  4. Alamat email kami, silahkan kunjungi halaman kontak ya gan. Thank udah mampir.

  5. Hehe memang ini sesi dimana yang paling susah gan.

    Jadi ya meski harus bisa melewati nya, punya cita-cita kalau gak mau berbuat kan hanya mimpi doang gan 🙂

  6. semua inspirasi dan saran untuk membangun sebuah usaha menjadi sukses bisa dilakukan sambil jalan, cuman modalnya itu tuh yang sering mengagalkan niat tersebut

  7. Yang menjadi problem memang masalah keterbatasan modal mas, namun asal ada kemauan dan berusaha pasti ada jalan.

    Mungkin dengan kita mencoba merintis usaha yang membutuhkan modal kecil dulu mas. Thank sudah mampir di blog ini Mang Lembu 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.