Beranda Artikel Teknisi Bekal Untuk Melamar Kerja Menjadi Seorang Teknisi AC Agar di Terima

Bekal Untuk Melamar Kerja Menjadi Seorang Teknisi AC Agar di Terima

0
bekal melamar kerja jadi teknisi ac

Seorang teknisi AC harus mampu mengoperasikan dan memahami cara kerja suatu mesin pendingin. Walaupun sekarang teknik tata ruang udara atau pendingin sudah masuk di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ).

Namun setahu saya perguruan tinggi dalam bidang pendingin hanya ada satu di Indonesia, kalau tidak salah di Bandung. Jika teman-teman tahu sekarang sudah terdapat di kota lain, mungkin bisa menambahkan komentar di bawah agar apa yang saya bagikan berikut lebih informatif.

…Dengan begitu, jika seseorang hendak bekerja menjadi teknisi AC, apa harus sekolah atau kuliah di universitas tersebut ? Bagi yang punya cukup uang bisa belajar di perguruan tersebut, namun bagaimana bagi yang tidak punya modal sama sekali ?

Wong kita mau bekerja karena tidak punya uang, kok malah di suruh sekolah sampai mengeluarkan uang dulu ? Gimana to mas ini ???

Betul sekali anda, karena menurut saya dalam mempelajari sebuah mesin pendingin tidak harus di sekolah. Melainkan bisa dengan otodidak belajar dari pengalaman-pengalaman sesama teknisi yang lain.

…Akan tetapi, ada beberapa kemampuan dasar yang harus di miliki sebelum akhirnya anda melamar jadi teknisi AC dan /atau jika anda mempunyai impian untuk membuka usaha service AC. Karena biasanya dalam melayani konsumen ada 2 orang, yang satu teknisi dan yang satu lagi helper.

Dan mungkin posisi anda saat ini sebagai helper, sehingga anda harus mempunyai beberapa kemampuan agar lebih mudah dalam mempelajari cara kerja dan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada AC.

1. Sedikit mengenal dan mengerti komponen elektronik

Tidak harus semua harus anda pahami, namun paling tidak anda mengerti beberapa komponen penting pada alat elektronik. Mungkin di antaranya elco, resistor, travo, kapasitor, pcb modul.

Karena komponen-komponen tersebut juga terdapat pada AC. Sehingga dengan anda tahu dan mengerti fungsinya anda akan mudah mempelajari cara kerja AC dengan bimbingan teknisi rekan kerja anda.

2. Mengenal nama-nama alat yang digunakan seorang teknisi

Anda tentu tahu apa itu obeng, kunci inggris, clamp meter, manifold, dan lain sebagainya. Alat-alat tersebut yang biasa di gunakan seorang teknisi untuk memperbaiki AC. Kalau namanya saja anda tidak tahu, bagaimana anda bisa belajar ? yang ada malah di omelin terus sama rekan kerja anda.

…Maka dari itu, sebaiknya anda hafal dengan nama alat tersebut agar memudahkan kerja anda. dan rekan kerja anda akan merasa terbantu dengan adanya helper, sehingga terciptalah tim yang solid dalam menanggani permasalahan Air Conditioner.

3. Tidak fobia dengan listrik

Sungguh tidak mungkin anda bisa jadi teknisi AC jika sama listrik saja anda fobia atau ketakutan berlebihan. Karena menjadi teknisi AC mau tidak mau harus berurusan dengan yang namanya tegangan listrik.

Tidak takut disini maksudnya bukan anda harus kebal akan listrik, kemudian anda memegang setrum listrik, itu namana ngawur alias bunuh diri. Maksudnya paling tidak anda tahu bagaimana agar bisa terhindar dari sengatan listrik saat nanti pemasangan instalasi kelistrikan berlangsung.

Mungkin dengan anda mengerti kabel ( – ) yang tidak ada tegangan listriknya, sedangkan yang ( + ) ada tegangannya. Atau dengan anda selalu memakai sepatu yang sefty untuk menghindari grounding atau sisa arus listrik.

4. Mental dan keberanian

Seorang teknisi juga harus mempunyai mental dan berani berbicara dengan orang yang baru. Misalnya untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi pada AC, dan memberi solusi yang tepat kepada pemilik AC atau pelanggan.

Berani saja tidak cukup, harus punya ilmu dasar cara kerja dari suatu komponen pada AC. Caranya mungkin bisa dengan anda bertanya dengan teknisi yang sudah tahu, atau bergabung di forum dan grup sesama rekan teknisi.

Salah satu grup sosial media yang terkenal dan banyak membernya yaitu APITU ( Perkumpulan Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia ). Disana anda bisa belajar banyak, dengan membaca dan melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang belum anda tahu tentang mesin pendingin, maka member lain yang tentunya sudah tahu akan dengan senang hati membantu anda.

5. Mempunyai sifat jujur, disiplin, dan ramah

AC biasanya di pasang di kamar atau ruangan pribadi sekali pun di rumah seseorang atau pelanggan, sehingga anda harus bisa menjaga etika yang baik. Dengan anda mempunyai sifat kejujuran dan ramah maka akan terjalin hubungan kenyamanan antara teknisi dan pelanggan.

…Sehingga ini akan berdampak baik untuk kedepan baik untuk pribadi anda maupun perusahaan tempat kerja anda dengan pemilik AC tersebut. Tidak hanya jadi teknisi saja, dimana pun, kapan pun, dengan siapa pun selalu tanamkan sifat ramah dan jujur.

Dengan begitu Insya’Allah segala usaha anda akan di mudahkan, khususnya dalam hal pekerjaan menjadi teknisi AC.

Sekian dulu yang bisa saya bagikan, semoga dengan 5 dasar yang harus di miliki seorang teknisi AC di atas, bisa menjadi langkah awal anda untuk menekuni menjadi teknisi yang terbaik dan profesional. Salam

BERBAGI
Sesorang yang ingin berbagi semua hal di internet melalui blog ini. Semoga apa yang saya tulis disini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here