Beranda Tips Cara Menetralkan Mobil Matic Saat Parkir Sambil Kunci di Cabut

Cara Menetralkan Mobil Matic Saat Parkir Sambil Kunci di Cabut

0
cara menetralkan mobil matic

Cara menetralkan mobil matic bisa dibilang sangat mudah, tidak butuh lama anda pun pasti bisa melakukannya. Yaitu dengan menghidupkan kontak mesin, injak rem, kemudian pindahkan tongkat transmisi ke posisi “ N “.

…Akan tetapi, bagaimana jika kita ingin menetralkan mobil matic saat sedang di parkir agar kunci bisa di cabut ?

Seperti yang kita ketahui, supaya kunci mobil matic bisa di cabut, tuas transmisi harus pada posisi “ P “. Dimana posisi tersebut adalah posisi sedang parkir dan mobil dalam keadaan nge-rem.

Jika kita parkirnya di rumah sendiri sih tidak masalah, tapi tentu akan jadi masalah jika kita posisinya pas parkir di tempat umum atau parkir model paralel.

…Misalnya di tempat-tempat wisata atau pusat perbelanjaan. Pastinya tukang parkir disitu akan bilang “ mobilnya jangan di hand rem ya mas”.

Maksud si tukang parkir bilang seperti itu yaitu, jika mobil yang ada di belakang atau depan mobil kita lebih dulu mau keluar, tukang parkir tersebut bisa mendorong mobil kita untuk di pindahkan.

Hal ini persis dengan yang di alami teman saya beberapa waktu lalu, singkat ceritanya begini.

Waktu itu saya sedang pergi ke sebuah tempat wisata bersama kawan saya, setelah sampai tujuan kami langsung mencari tempat parkir di area parkir lokasi tersebut.

Selang beberapa menit, dapatlah tempat parkir dengan model paralel berkat bantuan tukang parkirnya.

Setelah mobil selesai kami parkir, kemudian tukang parkir tersebut bilang, “mas, mobilnya di netralin ya ! jangan di hand rem”. Oke mas, jawab kawan saya.

…lalu, kawan saya memindahkan tuas transmisi mobilnya ke posisi “ P “ tapi tidak menarik hand rem. Di kiranya dengan seperti itu mobil juga sudah dalam posisi netral. Tidak tahunya walaupun kita tidak menarik hand rem, tapi kalau tuas transmisi pada posisi “ P “ mobil akan otomatis nge-rem.

Ternyata eh ternyata, kawan saya belum tahu akan hal itu, kemudian langsung saya kasih tahu tips nya.

Dari pengalaman tersebut, munculah ide saya untuk menulis tentang tips menetralkan mobil matic agar kunci bisa di cabut saat dalam posisi parkir paralel.

Seperti apa tipsnya, silahkan ikuti beberapa langkah-langkah berikut ini.

Cara Menetralkan Mobil Matic Agar Kunci Bisa dicabut Saat Sedang Parkir

Langkah pertama : Saat kunci atau kontak masih dalam posisi hidup, pindahkan tuas transmisi ke posisi “ P “, kemudian jika sudah matikan kontaknya, lalu cabut kunci mobil tersebut.

transmisi pada posisi P

Langkah kedua : Setelah kunci di cabut, masukan kunci tersebut ke lubang kecil yang ada di samping tuas transmisi mobil matic anda.

masukan kunci di lubang kecil dekat transmisi

Langkah ketiga : Tekan kunci tersebut menggunakan tangan kiri, kemudian pindahkan tuas transmisi ke posisi “ N “ dengan tangan kanan, sambil tangan kiri masih tetap menekan kunci.

transmisi pada posisi N

Langkah keempat : Cabut kunci mobil anda, selesai.

Oiya, contoh panduan di atas saya terapkan pada mobil matic honda jazz ya. Jika anda menggunakan mobil lain caranya pun hampir sama. Biasanya hanya beda di bagian switch nya saja, kalau honda jazz dengan masukkan kunci ke lubang yang di dekat transmisi.

..Sedangkan kalau mobil lain biasanya dengan menekan tombol. Namun untuk langkah-langkahnya sama seperti di atas.

Tentunya tips dari saya ini jauh dari kata sempurna, jika ada yang kurang dan anda lebih tahu soal mobil matic, silahkan tulis di kolom komentar apa yang ingin anda tambahkan.

Sekian postingan tentang cara menetralkan mobil matic saat parkir paralel agar kunci bisa di cabut yang bisa saya sampaikan, selanjutnya anda bisa baca tips lainnya yaitu : Cara Menonaktifkan Fitur Lokasi di Akun Facebook. Terima aksih

BERBAGI
Sesorang yang ingin berbagi semua hal di internet melalui blog ini. Semoga apa yang saya tulis disini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here