Beranda Tips 6 Tips Cara Merawat AC Split di Rumah Agar Mesin Tetap Optimal

6 Tips Cara Merawat AC Split di Rumah Agar Mesin Tetap Optimal

2
cara merawat ac split

Sebagai pengguna mesin Air Conditioner, tentunya kita ingin tahu bagaimana cara merawat AC split yang sesungguhnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kinerja mesin supaya tetap optimal, sehingga AC bisa awet dan tetap dingin.

Dari sifatnya sendiri mesin pendingin merupakan jenis alat elektronik yang memerlukan perawatan secara rutin. Karena fungsi dari AC itu sendiri selain untuk mendinginkan ruangan, juga sebagai alat sirkulasi udara yang efisien.

Prinsip kerjanya, udara yang mengandung debu dan polusi pada ruangan tersebut akan di hisap oleh AC, lalu debu maupun polusi tersebut akan menempel pada filter, kemudian udara yang kurang sehat tersebut akan digantikan dengan udara yang lebih bersih. Jika debu tersebut terlalu lama menempel pada filter, tentunya juga kurang bagus bukan ?

Oleh karenanya, kita dianjurkan untuk merawat AC tersebut. Selain itu, manfaat jika kita rutin membersihkan AC yaitu dapat mengantisipasi kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi, seperti misalnya :

  • Mencegah terjadinya AC neter air di bagian indoor
  • Menjaga agar mesin tetap bekerja dengan maksimal
  • Supaya ampere kekuatan mesin tetap stabil
  • Agar AC dapat bertahan dalam jangka panjang yang lebih lama

Kemudian, bagaimana cara merawat AC split yang praktis tanpa mengurangi fungsi dari AC tersebut ? Caranya cukup sederhana, berikut beberapa tips yang perlu anda coba.

Lakukan service cuci AC secara teratur

Kapan AC harus di service walau masih dingin sekali pun ? seperti yang sudah saya katakan di atas, supaya kebersihan AC dan udara dingin yang dihasilkan tetap segar dan sehat.

AC di cuci setidaknya minimal 3 bulan sekali untuk AC yang ada di perumahan tempat tinggal, sedang untuk AC perkantoran, toko, atau tempat usaha minimal 2 bulan sekali.

Mengapa berbeda ? Karena perkantoran atau tempat usaha yang lain cenderung banyak orang yang keluar masuk, dan setiap orang pasti akan membawa debu yang menempel pada bajunya. Selain itu, karena kebanyakan lokasinya di pinggir jalan raya. Tentunya hal yang demikian membuat AC lebih cepat kotor.

…Maka dari itu, silahkan cuci AC anda secara berkala karena ini juga bagian dari untuk mencegah terjadinya kebocoran pada unit indoor. ( Baca : beberapa yang harus anda ketahui tentang penyebab AC bocor air )

Bersihkan filter udara 2 minggu sekali

Filter atau saringan udara ini letaknya di bagian indoor, tepatnya di bagian depan dan di tutup casing atau cover. Jika memungkinkan, Anda bisa membersihkan sendiri tanpa bantuan teknisi.

Caranya cukup simple, yaitu dengan membuka cover indoor maka anda akan menjumpai sebuah filter udara. Nah, kemudian anda tarik atau lepas filter tersebut, lalu anda cuci filter tersebut sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga dianjurkan menggunakan sabun deterjen atau sejenisnya.

Setelah itu, keringkan sejenak atau bisa anda lap menggunakan kanebo supaya lebih cepat, kemudian pasang kembali filter udara ke tempatnya tadi.

filter udara ac

Jika anda mempunyai anak kecil, kemudian anak anda batuk-batuk saat AC dihidupkan, kemungkinan besar filter udara pada AC tersebut telah kotor. Maka, lakukan tips ini paling tidak 2 minggu sekali.

Jangan merokok di ruangan yang saat itu menggunakan AC

Apabila anda seorang perokok, sebaiknya tidak merokok di ruangan ber-AC. Kenapa demikian ? Karena asap rokok tersebut mengandung zat yang namanya nikotin, dimana nikotin ini jika menempel pada benda dapat merubah warna asli benda tersebut menjadi terlihat lebih kuning.

Jika warna sudah berganti seperti itu, maka akan sulit dibersihkan kembali seperti warna asli. Selain itu, hal tersebut jika di abaikan tentunya akan membuat AC cepat kotor dan udara menjadi kurang sehat.

…Oleh sebab itu, inilah mengapa merokok di ruangan ber-AC tidak dibolehkan, karena dapat mengurangi kinerja kompresor dan warna AC menjadi kurang nyaman di pandang.

Gunakan temperatur suhu di bawah dari 22° dan di atas 19°

Mungkin tidak masuk akal, karena pada unit AC sudah disediakan pengatur suhu dimana ini pengguna dapat mengatur sesuai yang yang diinginkan.

Alasannya seperti ini, kalau kita mengatur suhu di atas 24° kemungkinan AC akan mengalami masa standby terlalu cepat, maka AC akan mengalami mati hidup sehingga ini akan membuat tagihan listrik anda membengkak.

…Perlu kita ketahui, saat AC pertama start membutuhkan daya listrik yang banyak. Kemudian setelah berjalan beberapa jam daya yang dibutuhkan akan mengalami penurunan.

Begitu juga sebaliknya, kalau kita menggunakan temperatur yang paling rendah, maka selang waktu standby akan lama. Walaupun nantinya jika suhu yang ditentukan sudah tercapai kompresor akan mati sendiri, tentu hal ini dapat membuat mesin bekerja lebih lama. Terlebih jika ruangan anda terlalu besar dan kapasitas AC tidak sesuai.

Berapa idealnya mengatur suhu temperatur ? Menurut saya antara 19° sampai 21°, akan tetapi jika ini di rasa kurang dingin, dapat anda turunkan menjadi lebih rendah. Tentunya hal ini juga dipengaruhi kondisi cuaca pada saat itu.

Tutup pintu dan jendela pada saat AC dinyalakan

Pendingin udara atau AC digunakan khusus untuk ruangan tertutup, oleh sebab itu menutup pintu, jendela maupun lubang udara yang lain adalah salah satu tips merawat AC.

Karena jika anda membiarkan pintu terbuka, otomatis AC akan lama untuk mencapai suhu yang telah kita tentukan. Pastinya hal ini akan membuat AC terus berkerja tanpa standby, dan dingin yang dihasilkan pun tidak dapat maksimal, atau bahkan terbuang sia-sia.

…Sehingga, pastikan ruangan anda benar-benar tertutup saat anda menggunakan AC.

Menggunakan stabilizer

Dengan menggunakan stabilizer, maka arus listrik yang masuk ke-AC akan selalu stabil yaitu 220 Volt. Karena jika arus listrik lebih atau kurang dari 220 volt dapat mengakibatkan AC terkena tegangan tinggi atau tegangan rendah.

Hal tersebut tentu dapat mengurangi kinerja AC, dan lebih parahnya mesin kompresor akan rusak sehingga tidak dapat digunakan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan anda untuk menggunakan stabilizer, terlebih jika ditempat anda sering mengalami mati lampu. Hal ini tidak hanya berlaku pada AC saja, melainkan anda juga bisa menerapkan ke semua alat elektronik yang anda miliki untuk mengantisipasi terjadinya terkena tegangan tinggi atau rendah.

Demikian beberapa cara merawat AC split agar awet dan tetap optimal yang bisa anda terapkan dalam penggunaan pendingin udara, semoga ulasan ini bermanfaat. Terima kasih

BERBAGI
Sesorang yang ingin berbagi semua hal di internet melalui blog ini. Semoga apa yang saya tulis disini bermanfaat.

2 KOMENTAR

  1. di rumah saya mah DESA CILEMBU beriklim dingin, jadi kalau ada warga yang lalu pasang AC…lebay banget atuh…palingan ada AC dimobil sama di kantor, yang notabene udah ada bagian servisnya….jadinya saya kudu gimana, kalau begini, coba?

  2. Kalau sudah beriklim dingin, mungkin mang lembu harus pasang water heater (pemanas air) sepertinya mang, jadi kalau mandi pakai air anget biar gak kedingingan mang hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.