Beranda Peluang Usaha Peluang Usaha Kerupuk Mentah dengan Omset Puluhan Juta

Peluang Usaha Kerupuk Mentah dengan Omset Puluhan Juta

3
usaha kerupuk mentah

Bagaimana menjalankan bisnis usaha kerupuk mentah hingga menghasilkan puluhan juta setiap bulan ? Peminat makanan ringan di lapangan selalu bertambah setiap bulannya, oleh karenanya usaha di bidang kuliner pun menjadi incaran seorang pengusaha. Salah satu makanan ringan yang selalu ramai peminatnya yaitu kerupuk.

Dimana pun warung makan tersebut, pasti selalu ada yang namanya kerupuk. Mulai dari kerupuk yang rasanya asin hingga pedas. Orang mengkonsumsi kerupuk lebih dominan untuk lauk pauk pelangkap makanan, walaupun tidak sedikit juga untuk cemilan sebagai makanan ringan.

Inovasi dari kerupuk semakin bertambah, mulai dari kerupuk lele, kerupuk udang, kerupuk beras, dan kerupuk – kerupuk yang lainnya. Salah satu bisnis kerupuk mentah yang dapat menghasilkan puluhan juta yaitu Kerupuk Rajungan Crabby. ( baca : Menjadi Jutawan Tanpa Modal )

Inovasi kerupuk rajungan sendiri datang dari sepasang kekasih di Semarang yang bernama Mas Dani dan Mbak Hella seperti yang dilangsir situs finance.detik.com. (13/3/16)

Awalnya mereka melihat banyaknya rajungan kecil-kecil yang dibuang oleh nelayan, kemudian Dani dan Hella mempunyai ide untuk mengolahnya rajungan tersebut hingga akhirnya terciptalah inovasi kerupuk rajungan.

Mereka memproduksi kerupuk rajungan crabby sendiri, kemudian mejalankan usaha tersebut dengan konsep reseller dengan target ibu rumah tangga. Hal ini dilakukan agar ibu-ibu rumah tangga juga mendapat penghasilan tambahan sendiri.

Hingga saat ini, mereka mampu produksi kerupuk ranjungan hingga 200 – 300 Kilogram ( Kg ) setiap bulannya, dan sudah dipasarkan di sekitar daerah Semarang dan sudah merambah ke berbagai wilayan di Indonesia seperti Kalimantan, Sumatera dan Jawa. Bahkan dia juga ingin hasil produksinya tersebut bisa di ekspor sampai ke luar negeri.

Hella menyedia 2 pilihan untuk membeli kerupuk ranjungan tersebut, ada kerupuk yang sudah siap makan dan ada yang masih mentah. Untuk kerupuk yang sudah matang, dia menggorengnya pakai pasir, alasannya biar tidak semakin banyak kadar kolestrolnya.

Selain kedua pasangan kekasih di atas, ada juga distributor kerupuk mentah dari Sidoarjo yang juga menghasilkan puluhan juta dari usaha kerupuk mentah, sebut saja namanya Bapak Husen.

Bapak Husen merupakan distributor kerupuk mentah dari segala macam jenis kerupuk udang. Telah banyak agen yang bekerjasama dengannya, karena Pak Husen memasarkannya melalui online sehingga mampu di jangkau lebih banyak orang.

Beliu juga memasangan nomor kontak di situs pabrikkerupukudang.wordpress.com. Hal tersebut supaya siapa saja yang ingin bekerjasama menjadi agen kerupuk mentah dari hasil produksi beliu mudah untuk menghubungi.

Dari cerita kedua pengusaha kerupuk di atas, tentunya ini dapat menjadi inspirasi dan ide anda untuk berbisnis kerupuk mentah. Anda bisa mencoba bereksperimen mengeluarkan inovasi kerupuk terbaru, misalnya saja inovasi kerupuk rasa soto, yang mana resepnya menggunakan bumbu soto.

Konsep usahanya bisa dengan reseller seperti Mas Dani dan Mbak Hella, atau seperti Bapak Husen yang menjadi distributor.

Jika anda berminat dengan usaha bisnis kerupuk mentah, berikut ada tips dan saran agar usaha anda laris dikenal banyak konsumen.

  • Mencoba Menciptakan Inovasi Baru

Selama ini yang kita tahu jenis kerupuk ikan, beras, udang, kenapa kita tidak mencoba menciptakan kerupuk dari sesuatu yang berbeda. Misalnya saja yang sudah saya katakan di atas, kerupuk rasa soto.

Kita tahu soto itu rasanya seperti apa, namun bagaimana jika itu berbentuk kerupuk ? Kalau pada mie instan kan sudah banyak. Tentunya hal tersebut akan membuat penasaran banyak orang, dan jika memang hasil produksi anda mempunyai cita rasa yang enak pasti akan banyak peminatnya.

Anda bisa mencobanya dalam skala rumah tangga terlebih dahulu, kemudian menawarkannya kepada saudara dan tetangga dekat anda. Bagaimana komentar mereka, kalau memang mendapat respon yang baik anda dapat terus mencoba. ( baca : Tips Membangun Usaha dari NOL Hingga Berhasil Sukses )

  • Sediakan Berbagai Macam Pilihan

Konsumen itu biasanya senang dengan berbagai macam pilihan, tidak ada salahnya jika anda juga menyediakan berbagai macam pilihan. Misalnya dari ukuran, maupun produksi mentah atau yang sudah siap makan.

Dari sini anda akan tahu pilihan yang mana yang paling diminati orang, sehingga anda tahu mana yang akan anda utamakan untuk produksinya.

  • Tentukan Konsep Usaha Anda

Dalam hal ini anda harus sering mencoba agar tahu konsep seperti apa yang cocok untuk diri anda. Jika memang tidak mampu memproduksi kerupuk sendiri, anda bisa menjadi reseller atau pun agen.

Di atas sudah saya ulas bagaimana konsep usaha Bapak Husen dan Mbak Hella, anda bisa meniru mereka barang kali saja possion anda juga sama dengan mereka. Ingat, anda tidak akan pernah tahu jika tidak mencobanya.

  • Pasarkan Kerupuk Produksi Anda dengan Tepat

Kalau kerupuk yang sudah matang tentu target pasar anda adalah warung – warung makan, tidak mungkin anda menawarkan kepada orang yang jalan – jalan di mall. Silahkan mencoba menitipkan di warung makan dekat rumah anda, kalau memang banyak peminatnya anda bisa coba untuk menitipkannya di warung – warung makan yang lebih jauh jangkauannya.

Atau anda juga dapat memasarkannya secara online untuk kerupuk yang mentah, manfaatkan media sosial sebagai pemasaran produk anda.

Kesimpulannya, usaha apa pun asal anda mampu menciptakan inovasi terbaru menjadi lebih bagus dan menarik yang berhubungan dengan usaha tersebut, maka usaha anda akan mampu bersaing dipasar. Seperti contohnya usaha kerupuk mentah dengan bahan dasar ranjungan di atas tadi.

Selain itu, cita rasa yang renyah, lezat, dan tidak mudah alot ( mlempem ) juga harus menjadi pertimbangan dan perlu anda pikirkan. Yang tak kalah penting juga cara pemasaran agar dapat menjangkau banyak orang yang tertarget.

Dengan begitu, insya Allah usaha kerupuk mentah maupun matang yang anda kelola akan mendapat banyak peminatnya.

Semoga ulasan ini bermanfaat, dan akan semakin banyak inovasi kerupuk terbaru yang di siap dinikmati oleh semua kalangan.

BERBAGI
Sesorang yang ingin berbagi semua hal di internet melalui blog ini. Semoga apa yang saya tulis disini bermanfaat.

3 KOMENTAR

  1. Wahhh..
    bisa ane jadi'in pembelajaran nich… kebetulan ane ada rencana buat usaha kerupuk mentah khas pulau kelapa dua, kepulauan seribu utara…

  2. Semoga segera terlaksana mas usahanya, siapa tahu nanti saya bisa mencoba kerupuk khas palu dari mas wahab hehe

  3. Bisa di coba ini mas, kebetulan lagi pengen buka usaha heheh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here