Panduan Berbisnis di Tiktok Shop, Bisa Mulai dari Sini!

panduan bisnis tiktok shop
TikTok shop bisa menjadi peluang bisnis yang bagus, terutama bagi kamu yang sudah punya produk tapi tidak tahu bagaimana menjualnya.

RUDIBERBAGI.com - RUDIBERBAGI.com – Kabarnya, berbisnis melalui Tiktok Shop mampu memberikan omset bisnis yang lebih besar. Sebab, pengguna TikTok tidak terbatas pada usia, bahkan mulai dari anak-anak hingga dewasa juga menggunakan aplikasi ini. Jika Anda tertarik, berikut kami siapkan panduan berbisnis di Tiktok Shop.

Mengenal TikTok shop

Sebelumnya, Anda harus memahami dulu apa itu tiktok shop. Ini adalah sebuah fitur social commerce yang dikelola oleh Tiktok dan memberikan peluang bagi pebisnis untuk mempromosikan hingga menjual produknya. 

Namun, fitur ini tidak bisa digunakan oleh semua pengguna akun tiktok. Hanya pengguna yang sudah mengalihkan ke akun bisnis saja yang bisa menikmatinya.

Dalam hal ini, tiktok shop memberikan akses kepada pebisnis untuk mengelola galeri penjualannya dengan berbagai layanan yang tersedia. 

Selain menghadirkan sistem pengiriman dan pelacakan pesanan, juga ada berbagai sistem promosi dan dapat digunakan oleh pebisnis. Misalnya, program promosi dan afiliasi.

Baca Juga: Aplikasi Download Video TikTok tanpa Watermark Gratis!

Bagaimana cara mendaftar jualan di TikTok shop?

Jika Anda memiliki tekad yang bulat untuk tumbuh dan berkembang di tiktok shop, maka sebaiknya simak dulu persyaratan yang harus dipenuhi, seperti:

  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki identitas pengenal, seperti KTP atau paspor.
  • Telah mengunggah video dalam 28 hari terakhir. 
  • Minimal memiliki 50 view dalam 28 hari terakhir.
  • Mempunyai rekening bank yang masih aktif.
  • Menjual produk yang sesuai dengan syarat & ketentuan Tiktok.

Setelah persyaratannya terpenuhi dengan lengkap, maka Anda bisa langsung mulai mendaftar dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Membuka Situs Tiktok Shop

Pertama, diawali dengan membuka halaman tiktok shop di browser. Anda bisa masuk ke link https://seller-id.tiktok.com/account/welcome

2. Lakukan Pendaftaran

Karena belum terdaftar, maka Anda harus menyelesaikan prose registrasi dulu. Caranya klik sign up menggunakan alamat email atau no handphone. Apabila sudah punya akun tiktok, langsung saja sign in with tiktok account. 

3. Melengkapi Data

Pada saat mengisi data ini, isilah jenis bisnis, termasuk perorangan atau korporat. Apabila perorangan, maka harus melakukan verifikasi data pribadi seperti paspor atau KTP.

Baca Juga:  Aplikasi Download Video TikTok tanpa Watermark Gratis!

Setelah itu, unggah foto KTP dengan format jpeg, png, pdf, atau jpg. Pastikan kalau ukuran file yang akan diunggah tidak melebihi 10 MB ya.

4. Masukkan Informasi Toko

Kemudian, masukkan informasi tentang toko Anda. Misalnya nama toko, alamat, jenis bisnis, deskripsi produk, dan sebagainya. 

5. Lakukan Otorisasi

Apabila semua data toko sudah diisi, selanjutnya akan dialihkan ke halaman otorisasi. Jika sudah sesuai dengan ketentuan, Anda bisa pilih “Otorisasikan”.

6. Menambahkan Produk

Sekarang akun tiktok shop seller Anda sudah berhasil dibuat. Oleh karena itu, bisa mulai mengupload produk yang hendak dijual. 

Agar berhasil saat mengunggah produk, Anda bisa melengkapi deskripsi produk yang dijual. Lalu, isilah nama produk, kategori, merek, dan harganya.

Namun, apabila Anda memiliki brand baru, maka harus unggah dokumen kepemilikan terlebih dahulu. Jika tidak, klik saja No Brand. Unggah hingga maksimal 9 foto dan sebaliknya rasio foto 1:1 supaya terlihat dengan jelas.

7. Menghubungkan ke Rekening Bank

Jangan sampai dilupakan ya, kalau tidak uang Anda tidak bisa cair ke rekening. Caranya masuk ke homepage dan klik Link Bank Account. Masuk ke Link Account. Setelah itu, isi nomor rekening yang sesuai hingga rekening berhasil ditautkan Tiktok Shop.

Baca juga: Cara Mudah Top Up Koin TikTok Langsung Berhasil

Tips Berbisnis di Tiktok Shop

Untuk meningkatkan penjualan bisnis, tentu tidak mungkin hanya dengan membiarkan produk Anda begitu saja usah di upload. Akan tetapi, berbagai trik promosi diperlukan. 

1. Mendalami Informasi Seputar Tiktok

Ilmu dasar ini wajib Anda miliki jika baru bergabung di platform Tiktok. Sebab, masing-masing sosial media memiliki sistem serta algoritma berbeda dengan media sosial biasanya.

Anda harus membuat konten yang bisa muncul di FYP atau For Your Page. Sehingga, bisa mengguide lebih banyak audiens untuk mengikuti bisnismu. Untuk bisa FYP tentu tidak mudah, maka dari itu harus belajar dulu bagaimana cara tiktok itu bekerja.

2. Memproduksi Konten Menarik

Konten yang menarik sangat diperlukan sebagai jalur promosi  bisnis. Dengan begitu, Anda bisa menarik minat konsumen untuk melihat bisnis hingga membelinya.

Misalnya, di awal Anda bisa memulainya dengan memperkenalkan bisnis terlebih dahulu. Lalu, selanjutnya buat konten yang mengenalkan tentang produk dan layanan yang tersedia. 

Agar viral, jangan lupa untuk menggunakan lagu atau filter yang lagi trend ya. Ini akan mempermudah konten Anda ikut fyp di tiktok.

3. Membuat Katalog Produk

Katalog produk yang terlalu monoton akan membuat audiens cepat bosan saat melihat galeri bisnis Anda. Untuk itu, tidak ada salahnya belajar membuat katalog produk yang eye catching dan bisa menarik perhatian. 

Jadi, dari katalognya pun audiens bisa tergugah untuk segera memiliki produk itu juga. Anda bisa pelajari dari bisnis yang sudah sukses via tiktok shop ya.

4. Menulis Judul Produk 

Judul produk yang tidak terpotong maksimal memiliki 34 karakter. Maka dari itu, pastikan judul produk Anda sudah masuk kriteria tersebut ya.

Tak lupa, Anda juga harus membuat copywriting yang menarik. Akan tetapi, bukan berarti mengelabui pelanggan dengan kata-kata tersebut. Namun, mencantumkan copywriting yang memang sama seperti kondisi asli produknya. 

5. Menuliskan Caption yang Unik

Orang bisa saja membeli produk hanya dengan membaca caption singkat. Itu sebabnya penting memperhatikan nama produk yang dijual, harga produk, serta hal lainnya.

Jangan lupa selalu menerapkan teknik copywriting agar memperbesar peluang penjualan produk.

6. Menggunakan Hashtag

Pastinya Anda sudah sering menemukan berbagai konten yang disematkan hashtag tertentu bukan? Nah ini sebenarnya adalah trik agar videonya bisa menjangkau orang banyak. 

Hashtag yang relevan akan membantu videomu direkomendasikan oleh tiktok ke audiens yang sesuai. Dengan pengaruh hashtag yang sangat besar untuk promosi bisnis, maka jangan ragu untuk menambahkan beberapa hashtag yang sedang viral.

Daripada kosong, Anda bisa mengisi bio tiktok dengan gambaran singkat tentang bisnis. Tambahkan juga call to action dan tautan yang dapat mengarahkan pelanggan ke link pembelian produk.

Namun, karena hanya satu link saja yang bisa ditambahkan ke tiktok, maka pastikan untuk mencantumkan link toko saja daripada link produk.

Baca Juga:  5 Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis yang Harus Kamu Tahu

Baca juga: Cara Mudah Membuat Text Blog Pribadi di Bio Instagram

8. Memaksimalkan Penggunaan Fitur Tiktok

Siapa sih yang produknya tidak ingin laris manis dan auto cuan, pasti Anda juga salah satunya kan? Tenang, Anda bisa maksimalkan dengan menggunakan berbagai fitur tiktok yang sangat unik ini. Sehingga, bisa menarik target lebih cepat.

Beberapa fitur tiktok yang bisa dimanfaatkan saat membuat konten promosi antara lain musik atau audio, filter, timer, voice changer function, sticker, effect, dan beautify.

Fitur-fitur di atas bahkan bisa jadi salah satu trik agar Anda bisa berinteraksi dengan audiens secara virtual. Misalnya, membalas komentar dengan konten video.

9. Mengupload Konten di Waktu yang Tepat

Penting bagi pebisnis pemula mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk mengupload konten di tiktok. Sebagai saran, Anda bisa unggah konten di siang hari sekitar jam 10.00–13.00 atau malam hari sekitar jam 19.00–21.00.

Ini adalah waktu prime time dari kebanyakan pengguna tikotok. Sebab, pada waktu itulah mereka banyak mengoperasikan sosial medianya. 

10. Memposting Konten dengan Konsisten

Salah satu strategi meningkatkan brand awareness yakni mengupload konten secara rutin. Dengan konsisten, Anda bisa lebih mudah untuk meningkatkan visibilitas bisnis. Audiens pun juga senang dengan konten yang diupload secara rutin.

Apalagi, jika audiens sudah menyukai konten Anda. Pastinya ia selalu menanti kapan konten tersebut diunggah. Akan tetapi, jika tidak konsisten, bisa jadi mereka akan beralih ke kompetitor lain. 

11. Promosi di Live Tiktok

Tiktok juga sudah menyediakan fitur live streaming yang bisa membuat audiens memiliki peluang lebih besar untuk berinteraksi dengan seller.

Di tiktok pun tersedia fitur QnA yang mempermudah seller untuk melihat apa saja pertanyaan paling banyak diajukan oleh audiensnya. Dari live tiktok, seller juga bisa memberikan diskon khusus pada audiens yang checkout di hari itu juga. Itulah panduan singkat tentang cara berbisnis di Tiktok Shop. Jangan lupa terapkan juga ya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

x