Beranda Artikel Teknisi Miliki 5 Peralatan Ini Untuk Keperluan Service AC Anda!

Miliki 5 Peralatan Ini Untuk Keperluan Service AC Anda!

0
peralatan service ac

Peralatan service AC – Seorang teknisi yang profesional harus mempunyai peralatan lengkap untuk mendukung kemampuannya dalam memperbaiki suatu kerusakan. Alat-alat yang perlu disiapkan setidaknya harus memenuhi standart untuk service AC dan kulkas.

Peralatan yang standart tersebut seperti apa saja misalnya ? Berikut ini akan saya informasikan alat-alat yang dibutuhkan untuk keperluan service AC dan kulkas. Dengan adanya peralatan ini akan memudahkan semua pekerjaan anda. ( baca : 5 kemampuan dasar yang harus anda miliki jika ingin jadi teknisi AC )

1) Peralatan Untuk Cuci AC

peralatan service ac - motor steam

Ada 4 macam alat yang harus anda persiapkan untuk cuci AC, diantaranya sebagai berikut :

  1. Mesin steam atau jet pump : Alat ini harus mempunyai daya tekanan tinggi untuk mencuci bagian-bagian AC agar hasil bisa maksimal alias benar-benar bersih.
  2. Plastik khusus cuci AC atau juga plastik cor : Plastik ini untuk melindungi barang-barang sekitar AC agar tidak terkena air, dan supaya air bekas mencuci AC mengalir pada tempat yang telah disediakan.
  3. Ember atau bak air : Ini untuk menampung air kotor bekas cucian AC agar tidak mengalir atau luber ke mana-mana.
  4. Kanebo : Lap ini digunakan untuk membersihkan sisa-sisa air setelah proses mencuci AC selesai.

2) Alat-alat standartalat obeng satu set

Peralatan standart yang dimaksud adalah alat-alat yang digunakan oleh kebanyakan teknisi pada umumnya, seperti :

  • Obeng (+) dan (-) : Digunakan untuk membuka scrup atau baut pada unit AC.
  • Tespen : Digunakan untuk cek aliran listrik
  • Kunci inggris ( adjustable spanner ) : Digunakan untuk mengendorkan dan mengencangkan baut nepel pada unit outdoor.

3) Gauge Manifold

gauge manifold ac

Gauge Manifold adalah salah satu alat penting untuk keperluan service AC, dimana alat ini berfungsi untuk mengecek tekanan refrigerant atau freon pada mesin Air Conditioner. Selain itu, juga dapat digunakan pada sistem refrigerator lainnya seperti kulkas, freezer, dan chiller.

Dengan menggunakan gauge manifold kita dapat mengetahui tekanan freon dalam satuan PSI ( Pound Per Square Inch ). Kita juga dapat melihat seberapa tekanan hisap atau suction kompresor ( tekanan evaporator ), dan tekanan keluar atau discharge kompresor ( kondensor ).

Gauge manifold ada 2 macam, yaitu :

  • Manifold 2 Pressure Gauge dimana dapat digunakan untuk melihat tekanan freon dan kekuatan tekanan kompresor saat proses memvacum.
  • Manifold 1 Pressure Gauge yang hanya dapat untuk mengetahui tekanan freon saja, karena angka pada pressrue gauge terbatas.

4) Material bantu

Material bantu yang dimaksud adalah refrigerant atau freon. Seorang teknisi atau jasa service AC harus selalu menyediakan freon berbagai jenis yang di pakai di Indonesia, yaitu R22, R32, R134A, dan R410A ( Inverter ) baik dari merk refrigerant sendiri maupun merk dupont.

Dengan kita menstok persediaan freon tersebut, tentu akan membantu jika suatu saat ternyata terjadi kebocoran freon, sehingga harus dilakukan pengisian dari NOL tanpa harus mondar-mandir membeli freon.

5) Tang Ampere ( Clamp Ampere Meter )

tang ampere

Fungsi Tang Ampere untuk mengukur seberapa besar arus ( A ) dan tegangan ( V ) pada kompresor AC, kulkas maupun freezer. Ampere juga bisa sebut kekuatan, yang mana besarnya ampere tersebut tergantung dari masing-masing ukuran kompresor tersebut.

Jika tekanan freon bertambah, maka bertambah pula nilai ampere. Sebagai acuan agar kompresor tidak melebihi batas ampere saat pengisian freon, kita dapat melihatnya tabel yang tertempel pada unit AC tersebut, biasanya ditandai dengan Current ( A ).

Dengan kelima peralatan di atas, sebenarnya kita sudah dapat melakukan proses service cuci AC. Namun, untuk menunjang kelengkapan alat seorang teknisi profesional juga harus memiliki peralatan berikut ini.

Pompa Vacum

Pompa vacum mempunyai kegunaan untuk mengosongkan refrigerant sampai benar-benar kosong, dan untuk menghilangkan gas yang tidak terkondensasi seperti udara dan uap air. Dimana jika gas tersebut tercampur dengan refrigerant ( freon ) dapat mengganggu kinerja sistem refrigerator baik AC maupun kulkas.

…Karena, jika terdapat uap air yang berlebih pada sistem bisa menyebabkan penyumbatan khususnya dari sisi tekanan rendah seperti katup ekspansi atau pipa kapiler, serta memperpendek umur operasi drier.

Selain itu, juga dapat menyebabkan korosi, penimbunan kerak, serta pelumas pada sistem pendingin menjadi asam. Proses vacum yang disarankan setidaknya mampu mengosongkan sampai dengan tekanan 20 hingga 50 mikro air raksa. Diperlukan alat pengukur vacum yang dapat mengukur tekanan mulai dari ukuran 5 sampai 500 mikron Hg.

Namun jika tidak mempunyai alat tersebut, sebaiknya proses vacum dilakukan kurang lebih selama setengah jam setelah gauge manifold menunjukan angka di -30 atau -760 mmgH/0 milibar.

Las ( Brander )

Kegunaan las atau brander ini untuk menambal, menyambung atau melepas sambungan pipa pada sistem refrigerator. Untuk menyambung pipa, las ini membutuhkan tambahan material timah atau perak.

Brander ini bisa menggunakan gas LPG, gas karbid, atau juga dapat dengan gas mini HI-COOK supaya lebih ringan bawanya.

Pemotong Pipa ( Tubing Cutter )

Tubing Cutter berfungsi untuk memotong pipa tembaga pada sistem pendingin. Walupun bisa juga menggunakan gergaji, namun hasil pemotongan masih jauh lebih bagus menggunakan tubing cutter.

Cara pemakaiannya juga sangat mudah, yaitu dengan meletakan batang pipa tembaga di antara roller dan cutting wheel, kemudian kencangkan atau putar cutting wheel, lalu putar tubing cutter tersebut sampai pipa berhasil terpotong.

Pembengkok pipa ( Bending Tool )

Bending tool adalah alat untuk membantu kita dalam membelokan atau membengkokan pipa secara sempurna. Tanpa alat ini pun sebenarnya pipa bisa dibengkokan menggunakan tangan, namun rawan sekali pipa menjadi gepeng atau patah.

Tentunya alat ini akan sangat memudahkan kita jika lokasi penginstallan terdapat banyak lekukan atau tikungan.

Pembesar Pipa dan Pengembang Pipa

Pembesar pipa ( swaging tool ) berfungsi untuk membesarkan salah satu ujung pipa agar kedua ujung pipa dapat disambung menggunakan las dengan sempurna. Sedangkan pengembang pipa atau flaaring tool berfungsi sebagai pengembang ujung pipa agar bisa disambungkan sambungan berulir semisal nepel dengan sangat rapat sehingga kebocoran freon dapat terhindari.

Selain yang sudah saya sebutkan di atas, masih ada beberapa lagi alat seperti mesin Recovery, Recycle dan Recharging (mesin 3R) untuk mendaur ulang gas refrigerant dan memisahkan gas padat, dan juga waterpass untuk mendeteksi kemiringan unit AC sudah rata atau belum.

Kesimpulan

Dari semua peralatan service AC tersebut, tidak digunakan semua dalam keperluan perawatan AC. Alat pada poin 1 sampai 5 saja sudah cukup jika hanya untuk cuci AC. Akan tetapi, agar peralatan anda lebih lengkap dan memudahkan dilapangan, alat-alat di atas layak untuk anda miliki semuanya. Karena itu akan sangat anda butuhkan saat penginstallan atau pemasangan unit AC baru.

Artikel menarik yang lain :

BERBAGI
Sesorang yang ingin berbagi semua hal di internet melalui blog ini. Semoga apa yang saya tulis disini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here