Tips Gaya Hidup Sehat Menurut WHO, Lakukan dengan Konsisten

Gaya hidup sehat menurut WHO
Ilustrasi seseorang sedang meditasi dalam menerapkan gaya hidup sehat. (pixabay)

RUDIBERBAGI.com - Gaya hidup sehat merupakan cara hidup yang mendasari kesehatan dan kesejahteraan manusia secara menyeluruh.

World Health Organization (WHO) mendefinisikan gaya hidup sehat sebagai rangkaian pilihan dan keputusan yang dilakukan oleh individu untuk meningkatkan kualitas hidup dan mencegah risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan.

Gaya hidup sehat mencakup berbagai aspek, termasuk pola makan, aktivitas fisik, pengelolaan stres, tidur yang cukup, menghindari penggunaan tembakau dan alkohol yang berlebihan, serta menjaga kesehatan mental.

WHO menekankan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat karena memiliki dampak positif yang besar terhadap kesehatan fisik dan mental individu.

Gaya hidup sehat yang diadopsi secara konsisten membantu mencegah risiko terjadinya berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, serta masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat juga membantu mengurangi beban pada sistem perawatan kesehatan, memungkinkan pelayanan medis lebih difokuskan pada kondisi yang memang membutuhkan perhatian lebih intensif.

Rekomendasi Gaya Hidup Sehat Menurut WHO

Dirangkum dari berbagai sumber, WHO memberikan beberapa rekomendasi yang berperan sebagai panduan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

Pola Makan Bergizi

Pilihlah makanan yang kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan protein nabati. Kurangi konsumsi lemak jenuh, gula tambahan, dan garam dalam makanan.

Aktivitas Fisik Teratur

Lakukan aktivitas fisik selama minimal 150 menit per minggu, yang dapat berupa berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau berpartisipasi dalam olahraga dan kegiatan fisik lainnya.

Menghindari Tembakau

Hindari penggunaan tembakau dalam segala bentuknya, termasuk merokok, mengunyah tembakau, dan menghisap rokok elektronik.

Baca Juga:  Panduan Terkini WHO: Batas Konsumsi Lemak dan Karbohidrat dalam Makanan

Pengelolaan Stres dan Kesehatan Mental

Kelola stres dengan cara yang sehat dan perhatikan kesehatan mental dengan mencari dukungan dan menghindari situasi yang dapat menyebabkan stres berlebihan.

Tidur yang Cukup

Pastikan mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, karena tidur yang berkualitas penting bagi kesehatan fisik dan mental.

Menerapkan gaya hidup sehat yang telah direkomendasikan WHO tidak harus dilakukan dengan perubahan drastis. Mulailah dengan langkah kecil dan konsisten, seperti mengganti camilan tidak sehat dengan buah-buahan, berjalan kaki setiap hari, dan berpartisipasi dalam kegiatan fisik yang disukai.

Juga, dukungan dari keluarga dan teman dapat menjadi kunci kesuksesan dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Tips Tambahan untuk Meningkatkan Gaya Hidup Sehat

Selain rekomendasi dari WHO, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu meningkatkan gaya hidup sehat Anda. Beberapa diantaranya bisa dilihat dibawah ini.

Menjaga Hidrasi yang Cukup

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah aspek penting dalam gaya hidup sehat. Air membantu menjaga fungsi tubuh yang optimal, mengangkut nutrisi, dan mengeluarkan sisa metabolisme. Pastikan untuk minum minimal 8 gelas air per hari atau lebih sesuai dengan kebutuhan individu.

Atur Pola Makan dengan Jadwal Teratur

Mengatur pola makan dengan jadwal teratur membantu tubuh beradaptasi dan mengatur kadar gula darah dengan lebih baik. Makan pada waktu yang sama setiap hari membantu menghindari makan berlebihan dan mempertahankan tingkat energi yang stabil.

Konsumsi Makanan Variatif

Memastikan makanan yang dikonsumsi bervariasi memberikan beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pilih berbagai jenis makanan dari kelompok makanan yang berbeda, termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein nabati, dan sumber protein hewani.

Baca Juga:  Bahan Herbal untuk Menurunkan Berat Badan: Panduan Lengkap

Batasi Konsumsi Makanan Olahan dan Makanan Cepat Saji

Makanan olahan dan makanan cepat saji sering mengandung tambahan gula, garam, dan lemak jenuh yang berlebihan. Batasi konsumsi jenis makanan ini untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan menghindari risiko masalah kesehatan.

Rajin Berolahraga atau Aktivitas Fisik

Olahraga atau aktivitas fisik teratur membantu memperkuat otot dan tulang, meningkatkan fungsi jantung, dan menjaga berat badan yang sehat. Pilih aktivitas fisik yang disukai, seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau yoga, dan lakukan secara teratur.

Cari Dukungan dari Komunitas Sehat

Bergabung dengan komunitas sehat atau grup dukungan dapat memberikan motivasi dan dukungan dalam menjalani gaya hidup sehat. Berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dapat memberikan ide baru dan memotivasi untuk tetap konsisten.

Kelola Stres dengan Aktivitas Relaksasi

Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Cari waktu untuk aktivitas relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, seni, atau berkebun, yang membantu meredakan stres dan meningkatkan keseimbangan emosional.

Hindari Konsumsi Makanan Manis dan Minuman Bersoda

Batasi konsumsi makanan manis dan minuman bersoda yang tinggi gula tambahan. Gula berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Istirahat yang Cukup dan Tidur Berkualitas

Pastikan untuk memberikan waktu yang cukup untuk istirahat dan tidur berkualitas setiap malam. Tidur yang cukup membantu tubuh memperbaiki diri dan memulihkan energi untuk hari berikutnya.

Gaya hidup sehat menurut panduan WHO merupakan kunci untuk mencapai kesejahteraan fisik dan mental yang optimal.

Dengan mengadopsi pola makan bergizi, berpartisipasi dalam aktivitas fisik teratur, mengelola stres, dan menghindari perilaku merugikan kesehatan, individu dapat mencegah berbagai masalah kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Baca Juga:  7 Tips Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

Menerapkan gaya hidup sehat tidak hanya bermanfaat bagi individu, tetapi juga berkontribusi pada upaya global WHO untuk mencapai kesehatan yang baik bagi semua orang.

Editor: Rudhi Hadhi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

x