10 Cara Menjaga Hubungan LDR agar Tetap Harmonis Setiap Saat

cara menjaga hubungan LDR
Ilustrasi hubungan jarak jauh. (Foto: Pexels)

Tidaklah semua orang bisa menjalani hubungan jarak jauh atau LDR. Namun ada kunci atau cara menjaga hubungan LDR supaya selalu harmonis setiap harinya.

Tips Menjaga Agar Hubungan LDR Awet

Dua pondasi kuat yang harus dimiliki pasangan LDR adalah komunikasi dan rasa percaya satu sama lainnya. Meskipun sudah dibantu teknologi, kadang kekhawatiran satu sama lain masih tetap muncul

Untuk itu, mungkin kamu butuh cara menjaga hubungan LDR di bawah ini untuk membantu hubungan LDR kamu agar semakin kuat pondasinya.

1. Jangan komunikasi berlebihan

Memang, komunikasi dalam hubungan LDR itu sangatlah penting. Namun, janganlah terlalu sering berkomunikasi.

Hal ini mungkin akan membuatmu lebih lengket dan bisa jadi sewaktu-waktu kamu posesif lantaran tidak ada kabar dari pasangan.

Komunikasi berlebihan juga membuatmu tidak produktif untuk melakukan apapun. Akibatnya, ini akan berdampak buruk untuk performa pekerjaanmu di kantor.

Agar hubungan tetap berjalan dengan baik, bukan berarti kamu harus selalu komunikasi dalam waktu 24 jam. Kamu bisa meluangkan satu jam saat satu sama lain sedang tidak sibuk atau sudah berhenti bekerja.

2. Komunikasi dengan teratur

Nah, kunci keberhasilan satu ini perlu kamu simak ya. Jadi, komunikasi yang dapat membuat hubungan LDR langgeng, ternyata bukan komunikasi yang berturut-turut, melainkan yang teratur.

Salah satu caranya memberikan ucapan selamat pagi dan selamat malam. Kamu mungkin juga bisa mengirimkan foto selfie sesekali untuk menyemangatinya bekerja.

Jika kamu mengirimkan fotomu, bisa juga dengan mengirimkan dan menempatkan berbagai video lucu demi menghibur pasanganmu,

3. Tetap berpikiran positif

Yups, tepat sekali. Kadang orang-orang yang sedang menjalani hubungan LDR sangat sulit untuk mengendalikan pikiran negatifnya. Hingga akhirnya, hubunganya berada di ambang perpisahan.

Untuk itu, jika kamu tidak ingin hal serupa terjadi, pastikan selalu berpikiran positif dan ajaklah pasanganmu untuk selalu mengomunikasikan apapun masalahnya.

Dengan begitu, kamu pun tidak perlu khawatir dan pikiran akan terus memikirkan hal positif saja.

Sebenarnya, dalam hubungan LDR, bukan hanya salah satu saja yang harus menyuntikkan energi positif terus-menerus, tetapi sebaiknya keduanya.

Hindarilah hal-hal negatif yang hanya akan memicu pertengkaran hubunganmu dengan pasangan.

4. Tahu jadwal masing-masing

Sebaiknya, kamu memberikan kapankah waktu senggangmu, begitupun dengan pasangan. Sehingga, keduanya pun tidak akan saling mengganggu saat sedang sibuk dan punya deadline pekerjaan.

Jadi, nanti kamu bisa mengirimkan pesan ataupun menelponnya di waktu yang tepat. Pastikan juga kalau pasanganmu tahu jadwal penting seperti meeting, agar bisa mengingatkan satu sama lain.

5. Melakukan sesuatu bersama-sama

Kini hubungan LDR bisa lebih kuat pondasinya karena ada teknologi canggih, seperti smartphone yang memungkinkamu untuk berkomunikasi setiap harinya.

Walaupun tidak bersama di tempat yang sama, kamu pun tetap bisa merasakan kebersamaan dengan melakukan kegiatan yang sama, seperti menonton film dan bermain game.

Jika kamu ingin shopping bersama, bahkan bisa pergi bersama lewat video call di tempat yang berbeda pastinya.

6. Harus jujur satu sama lain

Jujur adalah kunci satu-satunya untuk menghindari kesalahpahaman saat berkomunikasi dengan pasangan.

Kadang, sikap jujur tidak diutarakan lantara rasa takut pada pasangan, mungkin takut pasangan marah, takut diputusin, atau justru takut ditinggalkan begitu saja.

Apapun rahasiamu, sebaiknya utarakan pada pasangan. Janganlah menyimpan sesuatu dari pasangan. Hal ini pastinya hanya membuat dadamu lebih sesak dan tidak bisa bernapas lega.

7. Jangan asal berkata

Seringkali timbul pertengkaran kecil hanya karena kamu salah mengucapkan sesuatu. Bahkan, bisa jadi ini awal konflik yang besar jika emosi masing-masing tidak bisa dikelola sebaik mungkin.

Pada umumnya, pasangan yang bertengkar melalui telepon ataupun chat karena adanya perkataan yang ternyata menyinggung hati satu sama lain.

Karena kesalahpahaman tersebut, makanya kamu harus menyaring kata-kata yang akan diucapkan dan tidak menyakiti satu sama lain.

8. Cerdas dalam menentukan prioritas

Saat LDR, maka kamu dan pasangan akan dituntut untuk berpandai-pandai dalam menyusun prioritas dengan bijak dan mengusahakan cara terbaik untuk mempertahankan hubungan  tersebut.

Contohnya, menentukan jadwal untuk bertemu di tengah-tengah kesibukan pekerjaan di kantor atau mungkin jadwal untuk “ngobrol” virtual satu sama lain.

9. Melatih kemampuan berkomunikasi

Seperti yang sudah disinggung, komunikasi adalah salah satu pondasi untuk menjalankan hubungan jarak jauh atau LDR.

Jadi, pastikan kamu telah melatih kemampuan komunikasi jarak jauhmu dari sekarang ya. Disarankan agar kamu terus mencari topik agar satu sama lain tidak kehilangan kontak.

Adanya kemampuan komunikasi yang baik, maka kamu pun sudah belajar untuk saling mendengarkan dan membuka diri satu sama lain.

10. Saling mengunjungi

Jika sudah rindu, mungkin kamu dan pasanganmu butuh pertemuan dan kunjungan satu sama lain. Pastinya ini akan jadi obat rindu paling ampuh.

Kamu bisa bertemu di satu tempat yang sama ataupun pergi berlibur bersama untuk beristirahat dari pekerjaanmu.

Dengan begitu, kamu berdua pastinya rasa rindu sama lain akan terobati begitu cepat. Jika sudah, jangan lupa kembali ke tempat masing-masing dan kembali beraktivitas seperti biasa.

Cara menjaga hubungan LDR sebenarnya susah-susah gampang. Susah karena kamu harus dituntut untuk terus berpikir positif, sekalipun kadang hati tidak bisa menerima kenyataan.

Namun, percayalah, terkait hubungamu hanya kamu dan pasanganmu yang tahu. Apapun yang orang lain bicarakan tentang pasangan, tetaplah percaya pada pasangan dan dengarkan penjelasan darinya dengan baik.

Penulis: Ocha Tri RosantiEditor: Tim Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.