Cara Meningkatkan Performa Hp yang Lemot dijamin Berhasil

meningkatkan performa hp yang lemot
Tips mengatasi dan meningkatkan HP lemot langsung berhasil.

RUDIBERBAGI.com - RUDIBERBAGI.com – Saat baru dibeli, semua hp Android pasti berjalan dengan lancar dan merespon setiap sentuhan secara instan. Tapi, seiring waktu, setiap hp pasti akan mulai memperlihatkan tanda-tanda penurunan performa. Bahkan untuk smartphone kelas high-end maupun flagship sekalipun.

Meskipun usia smartphone adalah ancaman nyata yang tidak mungkin bisa dihindari. Namun, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan performa hp jika dirasa terlalu lemot.

Baca juga: Tips Memelihara dan Menghemat Baterai HP yang Benar

Cara Mengatasi Hp Lemot

Masalah hp yang lemot lebih banyak dihadapi oleh pengguna yang membeli hp entry-level dibandingkan dengan pengguna yang memiliki hp kelas mid range atau high end.

Karena itu, sebagian besar cara meningkatkan performa hp yang lemot berikut ini akan lebih tepat diterapkan pada hp entry level.

Meski demikian, beberapa tips yang akan kami ungkapkan di bawah ini bisa juga diterapkan untuk meningkatkan performa smartphone kelas menengah maupun kelas atas.

1. Pastikan ruang penyimpanan tidak terlalu penuh

Ruang penyimpanan (memori internal) yang terlalu penuh adalah salah satu faktor penyebab hp jadi lemot.

Biasanya, hp yang kerap mengalami masalah kehabisan ruang penyimpanan adalah hp jadul atau hp entry-level yang kebanyakan hadir dengan memori internal antara 16GB atau 32GB.

Menurut Google (yang menciptakan OS Android), ponsel akan mulai melambat apabila ruang penyimpanan internal yang tersedia kurang dari 10%. Meski demikian, Anda disarankan untuk menyisakan sekitar 20% ruang kosong di memori internal jika ingin smartphone bekerja secara optimal.

Baca Juga:  Daftar Harga Hp RAM 8GB Keluaran 2022 Terbaru Maret 2023

Jika ruang penyimpanan yang tersedia sangat terbatas, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini agar ruang memori internal tetap terasa lega.

  • Backup foto dan video secara rutin di Google Drive atau di hardisk eksternal menggunakan kabel OTG.
  • Jika memungkinkan, turunkan kualitas foto dan video yang Anda ambil menggunakan kamera smartphone. Merekam video dengan resolusi HD umumnya sudah cukup jelas. Meskipun, merekam video pada resolusi FHD atau 2K serta 4K akan menawarkan tingkat ketajaman yang lebih memukau. Namun jika video tersebut tidak dimaksudkan untuk di-upload ke YouTube atau yang semacamnya, merekam pada resolusi rendah umumnya sudah lebih dari cukup.
  • Segera hapus foto yang tidak dibutuhkan. Seperti, foto yang hasilnya blur atau foto-foto sama yang sengaja diambil beberapa kali.

Baca juga: Cara Reset iPhone Ke Pengaturan Awal Tanpa iTunes

2. Uninstall aplikasi yang tidak terpakai

Harus diakui bahwa tidak semua aplikasi yang terinstall di hp kita adalah aplikasi-aplikasi yang setiap hari kita gunakan. Karena diantara aplikasi-aplikasi tersebut, seringkali terselip sejumlah aplikasi yang sangat jarang digunakan. Atau, bahkan tidak pernah kita gunakan.

Contohnya, beberapa orang mungkin tidak pernah menggunakan Microsoft Word, Google Docs, atau WPS Office untuk mengetik dokumen. Beberapa pengguna, mungkin saja tidak pernah membuka Google Chrome yang terinstall di hp-nya karena sudah ada browser bawaan, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang tidak pernah digunakan atau jarang digunakan, sebaiknya dihapus untuk menambah ruang kosong di memori internal.

Kadangkala, kita merasa sayang untuk menghapus aplikasi karena merasa akan menggunakannya di masa depan. Meski kenyataannya, aplikasi-aplikasi tersebut sama sekali tidak pernah digunakan sejak diinstall.

Baca Juga:  Honor 80 Dibekali Kamera 160MP, dan Chip SoC Snapdragon 8+

Daripada membiarkan aplikasi tersebut memakan ruang memori internal, ada baiknya anda menghapusnya dan menginstalnya kembali saat dibutuhkan saja.

Baca juga: 10 Hp Terbaik Harga Dibawah 2 Jutaan 2023

3. Gunakan aplikasi versi Lite atau Go

Google dan sejumlah developer aplikasi Android telah menyediakan aplikasi alternatif yang lebih ringan, yang disebut aplikasi Lite atau Go edition.

Aplikasi-aplikasi tersebut, umumnya berukuran sangat kecil dan ringan, sehingga bisa dibuka lebih cepat dan tidak menyebabkan hp jadi lemot.

4. Matikan fitur Battery Saver

Fitur Battery Saver sangat berguna untuk menghemat baterai saat tidak ada tempat ngecas atau saat Anda lupa membawa power bank. Fitur penghemat baterai ini juga dimaksudkan untuk membantu agar baterai tidak boros.

Akan tetapi, mengaktifkan fitur Battery Saver dapat menyebabkan performa hp menurun. Karena, salah satu cara untuk menghemat baterai adalah dengan menurunkan performa smartphone.

Jadi, jika suatu saat Anda menginginkan hp bekerja lebih cepat, pastikan anda mengaktifkan Performance Mode pada pengaturan baterai.

Baca juga: 7 Rekomendasi Hp Gaming Murah, Baterai Tahan Lama

5. Jangan ragu meng-update sistem

Apabila smartphone Anda mendapatkan pembaruan sistem operasi, pastikan anda melakukan pembaruan. Karena biasanya, pembaruan atau update tersebut membawa sejumlah perbaikan. Termasuk peningkatan performa dan peningkatan kualitas keamanan.

6. Jangan gunakan widget secara berlebihan

Menggunakan widget memang menyenangkan karena banyak informasi yang bisa ditampilkan di layar dengan visual yang menarik. Akan tetapi, terlalu banyak widget di layar justru bisa mempengaruhi kinerja hp.

Jika tidak selalu dibutuhkan, sebaiknya hapus widget jam, prakiraan cuaca, dan berbagai widget lainnya yang kurang penting.

Baca Juga:  Daftar Hp Samsung Terbaru 2022, Ada Galaxy A04e Hingga A73 5G

7. Restart hp secara rutin

Cara paling mudah untuk mengatasi hp yang lemot adalah dengan restart hp. Dengan me-restart hp, semua aplikasi akan tertutup. Dan, saat dihidupkan kembali, hp akan berjalan lebih lancar jika tidak ada beban di latar belakang yang mengganggu.

Baca juga: Cara Restart iPhone Yang Selalu Panas dan Lemot Saat digunakan

8. Jangan menggunakan SD Card untuk menambah ruang penyimpanan

Sebagian besar hp Android entry level dan mid range dilengkapi dengan slot memori eksternal (SD card) untuk menambah ruang pada storage yang terbatas.

Sayangnya, kecepatan baca tulis SD card tidak sebaik memori internal bawaan hp. Karena itu, alih-alih menjadi solusi, kehadiran SD card kadang-kadang justru menjadi kendala yang membatasi performa hp.

Jika memang Anda sangat membutuhkan SD card untuk menampung data-data yang tidak terlalu penting dan jarang dibuka seperti foto dan video, ada baiknya anda memilih SD card dengan kecepatan baca-tulis yang tinggi.

9. Reset hp

Reset hp dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik (factory reset) perlu dilakukan sekali. Terutama, apabila perangkat sudah tidak bisa lagi ditingkatkan kecepatannya dengan berbagai cara yang telah kami paparkan di atas.Sebelum mereset hp, pastikan anda mencadangkan (backup) semua file atau data-data penting ke penyimpanan cloud seperti Google Drive atau ke eksternal hardisk maupun USB flashdisk menggunakan bantuan kabel OTG.

Nah, itulah beberapa kiat-kiat yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa hp yang lemot, dengan melakukan tips di atas semoga masalah yang ada pada ponsel kamu dapat teratasi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

x