8 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan Pada Pasangan

cara mengatasi rasa cemburu
Ilustrasi cemburu. (Foto: Pixabay)

Jika pernah cemburu pada pasangan sebenarnya adalah hal yang wajar, sebagai bentuk rasa sayang kamu pada pasanganmu. Namun, sikap cemburu yang berlebihan justru membawa hubungan ke arah yang tidak baik. Untuk itu, kamu harus tahu cara mengatasi rasa cemburu berlebihan tersebut.

Rasa cemburu berlebihan akan membuat pasanganmu jadi merasa terkekang. Meskipun tidak mudah untuk menghilangkan rasa cemburu, kamu harus bisa terapkan cara di bawah ini.

Apalagi, jika kamu saat ini sedang menjalani hubungan jarak jauh, yang notabenenya akan selalu dibuat overthinking oleh pasangan. 

Tips Mengatasi Rasa Cemburu

Agar tidak penasaran, inilah cara mengatasi rasa cemburu yang bisa kamu lakukan agar dirimu merasa lebih baik.

1. Tidak mengelak kalau kamu sedang cemburu

Orang yang sedang cemburu seringkali mengelak kalau dirinya lagi cemburu buta terhadap pasangan. Nah, tindakan seperti ini ternyata tidaklah tepat.

Namun, yang harus dilakukan justru memberikan validasi akan rasa cemburu yang kamu rasakan. Jika sudah mengenali kalau itu ada rasa cemburu dari dirimu, maka selanjutnya katakan pada dirimu kalau emosi negatif seperti ini tidaklah dibutuhkan.

Kamu bisa tarik napas dalam-dalam, lalu buanglah nafas sembari membuat rasa cemburu di hatimu. Ulangi cara ini hingga benar-benar rasa cemburu itu sudah hilang.

2. Memahami alasan dibalik kecemburuanmu

Tidak mungkin kamu bisa cemburu tanpa alasan yang pasti bukan? Nah, inilah saatnya untuk tahu apakah hal yang bisa membuatmu bersikap demikian.

Contohnya, pasangan terlalu dekat dengan lawan jenisnya, sahabatnya, dan sebagainya. Mungkin bisa karena dia terlalu sempurna, sehingga kamu merasa tidak aman dan sering merasa cemburu saat ada cewek yang mendekatinya.

Alasan-alasan seperti ini wajar dan sudah umum. Jadi, kamu pun tidak perlu mengelak untuk alasan apapun itu.

BACA JUGA:
6 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Berlebihan Agar Tidak Stres

3. Komunikasikan perasaanmu

Jika sudah bisa memahami perasaan, maka kamu pun sekarang bisa membicarakannya dengan pasang.

Selama berkomunikasi dengan pasangan, usahakanlah tetap tenang dan ekspresikan perasaanmu dengan baik agar tidak membuatnya malah jadi salah tafsir.

Pasangan kadang mungkin menganggapnya aneh dan merasa bahwa kamu benar-benar mencintainya lantaran rasa cemburu yang ditunjukkan. 

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau perasaanmu justru berpikir bahwa kamu berlebihan. Nah, apapun hasilnya nanti, usahakanlah agar tetap mengkomunikasikannya dan mendengarkan curhatan satu sama lain tanpa emosi.

4. Jangan lupa kompromi

Apabila salah satu diantara kamu dan pasanganmu merasa tidak nyaman sebab selalu bergaul dengan lawan jenis, mungkin perlu dibicarakan baik-baik.

Lalu, kamu bisa sepakati bersama keputusan seperti apakah yang seharusnya. Jika memang teman akrab adalah lawan jenis, janganlah terlalu intens dengannya.

Pastikan kamu juga bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pasangan saat kamu bertingkah demikian. Pastinya akan kecewa, begitu jika kamu yang berada di posisinya, bukan?

5. Membangun kepercayaan

Memang, kadang kita tidak bisa mendikte apapun hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh kamu dan pasangan. Untuk itu, membangun kepercayaan adalah cara satu-satunya untuk membangun hubungan yang sehat antara keduanya.

Kamu harus percaya pada pasangan, begitupun dengan kamu. Mungkin saat kamu tidak tahu apa yang sedang dilakukan pasangan di luar sana, yakinlah bahwa ia tidak mungkin melakukan hal yang tak kamu sukai.

Dengan membangun hubungan di atas kepercayaan, pastinya hubunganmu akan bertahan lebih lama. Jika tidak percaya, coba saja tips satu ini ya!

6. Berhenti overthinking

Berhentilah untuk berpikir berlebihan dan memikirkan sesuatu yang belum tentu benar dan sesuai dengan kenyataan. Jika terlalu banyak berpikir, mungkin akan memenuhi pikiranmu dengan berbagai pikiran negatif setiap hari.

Begitu pun saat kamu membayangkan hal yang mungkin belum tentu dilakukan oleh pasangan saat sedang menjalani LDR. Cobalah kontrol apa yang ada di pikiranmu dan tetaplah berpikir rasional.

BACA JUGA:
10 Cara Menjaga Hubungan LDR agar Tetap Harmonis Setiap Saat

7. Berpikir dengan perspektif berbeda

Apakah kamu punya teman dekat yang tahu hubunganmu dengan pasangan? Mungkin dia  adalah orang yang tepat sebagai tempat bercerita dan keluh kesah hubunganmu.

Kamu bisa menanyakan setiap tindakan yang kamu lakukan, apakah itu adalah hal yang masuk akal atau hanya berlebihan?

Setelah itu, dengarkan dengan baik bagaimana tanggapannya terhadapmu. Hal tersebut setidaknya membantumu untuk mendapatkan pencerahan dengan mendengar perspektif orang lain.

Dari sinilah, kamu bisa menyadar apa saja hal-hal yang salah dan tidak boleh untuk dilakukan, contohnya rasa cemburu yang berlebihan seperti itu.

8. Jangan beranggapan dunia pasanganmu sepenuhnya milikmu

Seringkali orang mengatakan bahwa duniamu adalah duniaku. Hal tersebut membuatnya harus menuruti apapun yang diinginkan oleh pasangannya.

Pola percintaan yang seperti ini tidaklah benar dan hanya merugikan satu sama lain. Bagaimanapun juga, masing-masing orang pastinya punya dunia dan kehidupannya sendiri.

Bukan hanya kamu saja yang akan mengisi hidupnya sepanjang hari, kecuali jika kamu sudah berada di suatu hubungan pernikahan. 

Jika kamu terus berpikiran kalau dia hanyalah milikmu seorang, mungkin sangat sulit untuk menghilangkan rasa cemburu berlebihan tersebut. 

Bisa jadi, kamu akan berantem setiap harinya hanya lantaran tidak punya rasa percaya antara satu sama lain.

Tidak mudah untuk bisa menghilangkan rasa cemburu di atas. Namun, setidaknya cara mengatasi rasa cemburu ini bisa membuatmu lebih tenang dan memikirkan bahwa itu adalah tindakan yang salah.

Cemburu berlebihan bisa membuat hubunganmu lebih cepat selesai dan cobalah untuk memulai hubungan dengan rasa percaya satu sama lain.

Penulis: Ocha Tri RosantiEditor: Tim Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.